Minggu, 18 Agustus 2013

Cara Cepat Input Gambar Cover Buku di SLiMS

Dalam proses input data Bibliografi di SLiMS ada satu tahapan yang bersifat opsional jika dilakukan bagus tapi jika tidak dikerjakan juga tidak apa-apa. Tahapan tersebut adalah input gambar cover buku dengan tujuan jika nanti pemustaka melakukan pencarian di OPAC maka mereka akan benar-benar yakin dengan buku yang mereka cari. Tapi meskipun hal tersebut tidak begitu penting namun sedikit membuat teman-teman pustakawan kewalahan, hal tersebut saya temui di salah satu perpustakaan langganan saya :D mungkin sesuai dengan iklan ya “jadi pustakawan itu menyenangkan tapi susah di jalanin”.
Karena hal tersebut sedikit menyusahkan saya coba untuk menawarkan solusi. Pada SLiMS versi 5 kebawah proses input cover buku harus di scan terlebih dahulu kemudian di input kedalam Bibliografi sedangkan pada SLiMS 7 proses scan cover dan input ke Bibliografi sudah bisa dilakukan sekaligus namun sayang SLiMS 7 belum stabil untuk mesin produksi. Jika teman-teman tidak memiliki scaner atau terlalu banyak cover buku yang harus di scan dan hal tersebut terasa mengahambat maka untuk mendapatkan cover buku bisa dicari di Google Image meskipun tidak semua gambar cover buku ada di internet tapi menurut percobaan saya cover buku-buku di atas tahun 2000 banyak tersedia di internet.
Semoga bisa membantu.

4 komentar:

  1. bagaimana dengan versi linux karena sistem kami menggunakan versi linux slim cendana 7. cover sudah discan, nama cover sudah sesuai dengan nomer barcode tapi gambar cover belum muncul juga, tolong bantu kami pak, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika bapak menggunakan linux bapak bisa memberikan izin penulisan kedalam folder image, files dan repository pak, berikut perintahnya
      sudo chmod -R /opt/lampp/htdocs/slims/files images repository
      semoga bisa membantu :D

      Hapus
  2. kalo di windows 7 bagaimana pak? bagaiman cara mengaktifkan pemindai cover buku?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal rubah nilai scanner yang ada di file sysconfig.inc.php dari false menjadi true mas :D kemudian sambungkan scanner ke komputer yang akan dipergunakan dan jangan lupa untuk memasang driver scannernya terlebih dahulu.

      Hapus

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)