Menurut Bloom ada tiga aspek dalam pembelajaran yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Masing-masing dari ketiga aspek tersebut memiliki susunan dari yang terendah sampai ke yang paling tinggi. Untuk aspek kognitif terdiri dari enam bagian yaitu Knowledge, Comprehension, Application, Analysis, Synthesis dan Evaluation. Yang menjadi fokus tulisan saya disini adalah fenomena mengenai aspek kognitif dalam pembelajaran. Banyak maha guru yang menyebutkan kalau semakin tinggi tingkat kompetensi khususnya aspek kognitif yang kita pilih dalam pembelajaran maka akan semakin bagus kualitas dari hasil pendidikan itu sendiri meskipun semua kembali kepada kualitas peserta didiknya. Ironisnya banyak perkataan hanya tinggal perkataan toh dalam kenyatannya banyak para pelajar khusunya pelajar dewasa (penulis sendiri dan teman-temannya) yang hanya mendapatakan tingkat kompetensi yang rendah, sebagai contoh seorang mahasiswa yang disuruh untuk menterjemahkan buku berbahasa asing kemudian di kumpulkan tanpa harus memberikan analisis dan membut kesimpulan dari apa yang dikerjakannya tersebut.
Saya akui untuk masalah ini saya bukan ahlinya dan yang jelas para maha guru pasti lebih memahami hal tersebut karena kalau tidak salah untuk menjadi dosen sesorang harus mengikuti suatu program yang ketanya bernama akta V.
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)