Sabtu, 12 Oktober 2013

Komunitas “Berstandar” Jepang

Untuk mendapatkan pasar banyak perusahaan melakukan banyak cara bahkan sampai melakukan riset bertahun-tahun. Baru-baru ini di Indonesia ada sebuah perusahaan hiburan yang melakukan cara yang sangat menarik yaitu dengan memberikan tawaran kepada setiap fans bahwa mereka bisa bertemu dengan idola mereka “idols you can meet”. Siapa yang tidak kenal JKT48 yang merupkan Sister company dari AKB48. Ya JKT48 lah yang memberikan tawaran tersebut. Model pasar yang demikian merupakan Model yang sudah diterapkan juga di Jepang yaitu di AKB48. Kenapa saya mengatakan hal tersebut terbilang baru karena jauh sebelum JKT48 ada komunitas sudah menggunakan konsep yang demikian. Komunitas pertama yang saya temui menggunakan konsep idol you can meet (developer you can meet) adalah Komunitas SLiMS. Sejak pertama SLiMS di lepas ke publik maka semenjak itu pula idol (developer) bisa ditemui bahkan saya sudah beberapa kali bertemu dengan idolnya (developer). Selanjutnya komunitas kedua yang juga menggunakan standar jepang adalah IGN, saya juga sudah beberapa kali bertemu dengan idolnya (developer) bahkan kami sudah pernah ngopi bareng :v.
Hahahahaha :D jangan di ambil serius apalagi di bandingkan dengan teori. Tulisan diatas hanya ide liar saya saja.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)