Awalnya saya merasa berada ditempat yang salah, akan diproses dengan cara yang salah dan menjadi sesuatu yang salah. Hal tersebut saya alami disaat masuk ke jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan pada tahun 2008. Disana saya dan teman-teman lainnya diajarkan banyak ilmu mulai dari filsafat sampai psikologi.
Saat ini saya cenderung lebih banyak menghabiskan waktu pada bidang Perpustakaan khususnya Otomasi. Kecintaan saya akan perpustakaan mulai tumbuh pada tahun ketiga kuliah padahal ditahun kedua saya pernah mengikuti mata kuliah pengelolaan perpustakaan. Pada saat mengikuti kuliah tersebut saya sempat berfikir akan menjadi seorang pustakawan karbitan yang dibentuk dengan 3sks, kemudian mengambil lahan anak-anak dari jurusan Ilmu Perpustakaan. Namun hal tersebut ternyata keliru. Setelah membaca beberapa buku saya baru paham kalau perpustakaan merupakan bagian dari Teknologi Pendidikan. Bahkan dengan sangat jelas Smaldino dan kawan-kawan dalam bukunya yang berjudul Instructional Technology and Media for Learning menyarankan kepada setiap orang yang akan berkarir dalam bidang Teknologi Pendidikan untuk bergabung kedalam Asosiasi Pustakawan. Sebab sangat mustahil rasanya seseorang bisa memanfaatkan sesuatu tanpa mengetahuinya terlebih dahulu. Denga demikian penglolaan perpustakaan perlu dipelajari di jurusan Teknologi Pendidikan.
Bicara masalah pekerjaan sepertinya tidak ada perebutan lahan sebab wilayah masing-masing sudah ditentukan dengan jelas, dimana anak-anak dari Ilmu perpustakaan akan menjadi pustakwan dan anak-anak dari Teknologi Pendidikan akan menjadi teknolog pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar
Pengunjung yang baik selalu meninggalkan komentar :)